Sebuah prestasi yang patut dibanggakan oleh Sekolah Tinggi Katetetik dan Pastoral Rantepao (STIKPAR) Toraja datang dari Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional yang diikuti oleh para mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik se-Indonesia. Lomba Karya Tulis Ilmiah ini diselenggarakan oleh Ditjen Bimas Katolik. Sebagaimana dikutip dari laman bimaskatolik.kemenag.go.id, Rabu, 23 November 2022, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan upaya untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa PTK Katolik dalam membaca, menulis, dan meneliti sesuai dengan bidang yang digeluti pada perguruan tinggi.

 

Pada kompetisi ini, dari 73 peserta lomba yang telah melewati tahap seleksi dari setiap kategori yaitu Akomodatif Terhadapa Budaya Lokal, Anti-kekerasan, Komitmen Kebangsaan, dan Toleransi, ada 4 mahasiswa STIKPAR Toraja yang turut serta yakni Estepani Piska, Frumensia Ade Riska, Herman Kalembang dan Lusia Nopita Pontiangin. Salah satu dari dari keempat mahasiswa STIKPAR Toraja tersebut yakni Herman Kalembang, berhasil melaju ke babak final untuk mempresentasikan karya tulisnya di hadapan para dewan juri dan peserta lainnya. Adapun babak final berlangsung di Jakarta tanggal 22 s.d. 25 November 2022.

Setelah melewati babak final, akhirnya sampailah pada tahap pengumuman juara. Sebuah hasil menggembirakan bahwa karya tulis ilmiah yang ditulis oleh Herman Kalembang dengan judul Upaya Inkulturasi Gereja Katolik Di Toraja (Alang Sebagai Tabernakel di Gereja Katolik Rantepao) meraih juara 3. Keberhasilan meraih prestasi gemilang ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan dosen, Pastor Anthonius Michael, S.S., M.Hum. Selain itu juga berkat kerja keras dan persiapan yang matang selama ini.

Ketua STIKPAR Toraja Dr. Petrus Bine Saramae mengaku bangga atas capaian mahasiswa STIKPAR Toraja. Semangat untuk berprestasi dinilai sangat luar biasa. Hal ini diharapkan dapat terus dipertahankan maupun ditingkatkan dalam rangka meningkatkan daya saing diri maupun kampus. (PT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *